Salah satu wisata alam Jogja paling ikonik adalah air terjunnya. Ada banyak destinasi alam tersebut, salah satunya adalah air terjun Sri Gethuk. Selain itu, alamat air terjun Sri Gethuk juga cukup mudah dicari. Namun, sebenarnya tidak hanya Sri Gethuk saja. Di kawasan Mangunan yang terkenal dengan hutan pinusnya, ada Air Terjun Lepo Dlingo atau yang juga biasa dikenal dengan Dlingo. Yuk, kita eksplorasi.

Pesona Wisata Air Alami Bantul yang Memukau

Air Terjun Sri Gethuk - Air Terjun Lepo Dlingo via travelingyuk.com

Bukan hanya Mangunan yang menarik dari Bantul. Kalau kamu jalan-jalan ke daerah ini, ada Air Terjun Lepo Dlingo yang bakal mempesonakanmu. Uniknya, di sini terdapat tiga aliran air yang menderu dari atas tebing. Jika kamu datang ke sini, pasti ingin menceburkan diri ke air yang sumbernya dari perbukitan.

Untuk sampai ke dalam, kamu perlu berjalan selma 15 menit dari pintu masuk. Di dalam kamu akan disambut dengan kolam-kolam alami yang menawan hati. Kolam pertama kedalamannya sekitar 2 meter, sedangkan yang kedua dalamnya sekitar batas pinggang orang dewasa. Kolam ketiga paling dangkal sebab ada endapan kapur di sana.

Dimanjakan Fasilitas yang Sudah Lengkap

Dengan pengunjung yang tidak kalah ramai dari Air Terjun Sri Gethuk, kamu tidak perlu khawatir kalau jalan-jalan ke sini, sudah tersedia berbagai fasilitas yang siap melayani. Jika lapar, kamu bisa mampir ke deretan warung yang ada. Lalu, tersedia juga fasilitas seperti aula besar untuk penyelenggaraan berbagai acara.

Aula tersebut sederhana namun bisa digunakan dengan maksimal. Kamu juga bisa menyewa pelampung yang disediakan di sini. Harganya Rp10.000,00. Bisa pula kamu menyewa tikar dengan banderol harga Rp10.000,00. Sangat terjangkau, bukan?

Kemudahan Akses ke Lokasi Air Terjun

Air Terjun Sri Gethuk - Air Terjun Lepo Dlingo via travelingyuk.com

Letaknya yang berada di Dusun Pokoh 1, Desa Dlingo, Kecamatan Imogiri yang ada di Bantul, tidak susah untuk dicari, kok. Kamu bisa menempuh perjalanan dari pusat kota Jogja selama sekitar 1,5 jam. Berkendaralah ke Imogiri hingga sampai di kantor Kecamatan Dlingo.

Lalu, tinggal mengikuti jalur yang menuju lokasi air terjun. Kamu juga dapat membaca petunjuk arah menuju ke air terjun. Tiket masuknya Rp5.000,00, dengan parkir motor Rp3.000,00 dan parkir mobil Rp5.000,00. Nah, Dlingo merupakan alternatif selain Air Terjun Sri Gethuk yang tidak kalah mempesonanya. Kunjungi, yuk.