Jogja punya sederet tempat wisata yang benar-benar mempesona. Terutama seperti daerah Gunungkidul yang memiliki Air Terjun Sri Gethuk. Namun, tidak hanya Sri Gethuk saja. Gunungkidul juga mempunyai tempat-tempat wisata air serupa yang tidak kalah indah pesonanya. Semuanya eksotis dan memiliki keindahan tersendiri. Di mana saja wisata dekat air terjun Sri Gethuk tersebut?

Terpukau dengan Derasnya Air Terjun Gedad

Air Terjun Sri Gethuk - Air Terjun Gedad via Instagram/ upiecupi

Lokasi Air Terjun Gedad ini terletak di Dusun Gedad, Banyusoco, Playen di Gunungkidul. Tempat ini cocok buatmu yang menyukai air terjun tidak begitu tinggi. Aliran airnya turun melalui bebatuan kapur dengan model berundak-undak. Keunikannya adalah sumber dari air terjun di sini ada lima mata air.

Setiap mata air tersebut asalnya dari kawasan perbukitan, yang terdapat di daerah sekitar. Sumber-sumber tersebut di antaranya seperti Sumber Air Karang Kulon, Sumber Clenguk, dan Sumber Air Glunggung. Maka dari itu, kamu tidak bakal heran jika saat musim hujan debit air di sini begitu deras.

Melongok Aliran Air Terjun Jogan yang Menuju Laut

Jogan menyuguhkan pemandangan berbeda dengan air terjun Sri Gethuk. Tentu saja, karena di sini Anda bisa menyaksikan aliran air terjun yang langsung menuju ke laut, tepatnya ke Samudera Hindia. Sementara, ketinggian tempat ini adalah sekitar 10 meter.

Air terjun ini amat sangat unik. Tempatnya yang menyatu dengan pantai menambah keunikan tersendiri. Pemandangan yang langka di sini akan membuatmu terpesona. Lokasinya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Wonosari di Gunungkidul.

Air Terjun Kedung Kandang yang Indah Berundak

Air Terjun Sri Gethuk - Air Terjun Kedung Kandang via Instagram/ theguhwe

Air terjun ini bertingkat atau juga disebut dengan cascade. Kalau ingin melihat langsung keindahannya, kamu bisa langsung tancap gas menuju ke Air Terjun Kedung Kandang yang berada di Dusun Gunungbutak, Nglanggeran, yang berlokasi di Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Tingkatannya berjumlah enam tingkat dengan posisi dari atas ke bawah memanjang. Terbentuk sebuah aliran raksasa di tengah tumbuhan hijau di sekelilingnya. Sangat eksotis sekaligus indah. Kamu bahkan bisa naik dari satu tingkatan menuju ke tingkatan lain melalui tangga yang sudah disediakan pengelola. Hati-hati, ya, karena licin. Nah, yang mana, nih, alternatif wisata Air Terjun Sri Gethuk kesukaanmu?