Siapa sih yang tidak tahu keagungan dan keindahan luar biasa dari air terjun Niagara? Keindahan Air terjun Niagara ini lho yang mmebuatnya menjadi salah satu air terjun paling ternama di seluruh dunia. Tapi tenang, tanpa perlu repot-repot datang ke wilayah air terjun Niagara, kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang nyaris serupa di wilayah Nusantara.

Seperti yang kamu ketahui, di Indonesia tentunya tidak kekurangan wana wisata air terjun dengan panorama juara. Kalau kamu ingin membandingkannya dengan air terjun Niagara, silahkan saja datang ke empat air terjun tertinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia ini!

1. Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Niagara - Air Terjun Sigura-gura via instagram.com/syamsul_achenk 

Datang ke tempat ini seperti masuk hutan hujan tropis yang berada di Amazon. Sekeliling air terjun dihiasi tebing dan tumbuhan liar yang tumbuh segar. Air Terjun Sigura-gura merupakan arus dari Sungai Asahan yang bersumber di Danau Toba. Destinasi dengan tinggi 250 meter ini terletak sekitar 250 km dari Kota Medan.

2. Air Terjun Madakaripura

Air terjun yang dikenal sebagai tempat bertapa Patih Gajah Mada pada zaman dahulu ini terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Selain itu, Madakaripura juga masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun yang berada di balik gua dan tebing ini memiliki tinggi hingga 200 meter. Bagaimana? Sudah mirip dengan air terjun Niagara belum?

3. Air Terjun Payakumbuh

Air Terjun Niagara - Air Terjun Payakumbuh via instagram.com/ratihassyara 

Payakumbuh berada 35 kilometer dari Kota Bukittinggi. Terletak di kawasan Lembah Harau, membuat tempat ini memiliki suasana yang masih asri. Sekelilingnya dihiasi dengan tebing tinggi yang menyerupai tembok. Air terjun yang sering dipenuhi oleh sekumpulan kupu-kupu ini memiliki tinggi sekitar 150 meter.

4. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun ini terletak di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Karo. Lokasinya cukup menarik, terletak di dalam tebing yang melingkar. Tingginya mencapai 120 meter dengan debit air yang cukup deras.

Pepohonan pinus yang rimbun di sekitarnya membuat tempat ini masih terasa begitu asri. Dengan begini, kamu sudah bisa menikmati secuil panorama ala air terjun Niagara dengan unsur kearifan lokal.