Menyenangkan memang ketika sejenak mampir ke wisata air terjun atau curug. Kamu bisa menikmati keindahan alam hijau yang mengelilinginya sekaligus merasakan sejuk dan damainya aliran air yang mengalir deras.

Kebetulan, kalau kamu adalah penduduk asli Bondowoso atau hendak berkunjung ke Bondowoso, maka kamu bisa banget singgah ke beberapa wana wisata air terjunnya yang mirip air terjun Niagara. Semuanya bahkan mencerminkan Air terjun Niagara Indonesia mini yang keren abis untuk dijadikan panggon berfoto instagenic.

1. Little Niagara Falls yang Tersimpan di Bondowoso

Air Terjun Niagara - Air Terjun di Bondowoso via travelingyuk.com

Tak perlu jauh-jauh ke Ontario untuk bisa melihat Niagara. Bondowoso punya versi mininya. Datang saja ke Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, maka kamu akan melihatnya.

Enam aliran air terjun dalam satu lubang yang sama dan melebar mirip seperti Niagara. Tempat ini juga mudah ditemukan, karena berada di jalur menuju Kawah Ijen. Lebih nikmat lagi jika melihat sejuknya air terjun sambil menyeruput kopi arabika khas Bondowoso.

2. Kisah Legenda Damar Wulan yang Memikat di Blawan

Air Terjun Niagara - Air Terjun Blawan via travelingyuk.com

Air terjun Blawan berada tidak jauh dari air terjun Niagara Mini. Kamu bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki selama 27 menit dari objek wisata keren tersebut. Tinggi mencapai 30 meter dengan debit airnya yang besar membuat Blawan memiliki suara gemuruh yang merdu.

Uniknya, air di sini tidak bening melainkan berwarna kuning karena mengandung unsur belerang. Karena berbentuk jurang, pengunjung tidak bisa nyebur. Namun, kamu bisa mandi di kolam yang konon merupakan tempat semedi Damar Wulan sebelum melawan Minak Jinggo.

3. Polo Agung, Menjadi Penyejuk di Tengah Perkebunan Kopi

Air Terjun Niagara - Air Terjun Polo Agung via travelingyuk.com

Berada sekitar 40 km dari pusat Kota Bondowoso ada air terjun Polo Agung. Lebih tepatnya di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin, Bondowoso. Selain bisa melihat derasnya air yang terjun, di sini kamu juga bisa menikmati hamparan kebun kopi.

Beruntung sekali, jika kamu datang saat musim panen tiba, kamu dapat mencium aroma kopi yang tengah di petik oleh petani. Bagaimana? Sudah siap untuk melangkahkan kaki ke air terjun Niagara mini ala Indonesia ini?