Siapa yang berencana untuk menyambangi wana wisata air terjun Madakaripura di tahun ini? Wah, pasti kamu otomatis membuat iri teman-temanmu yang tak bisa ke sana dalam waktu dekat ya?

Nah, kalau memang sudah ada rencana begitu, sudahkah kamu mengadakan riset soal tiket masuk air terjun Madakaripura hingga pesona yang ditawarkannya? Biar lebih paham, yuk ikuti ulasannya di bawah ini!

Sempat Viral di Media Sosial

Air Terjun Madakaripura - Air Terjun Madakaripura via travelingyuk.com

Air terjun yang terletak di Kabupaten Probolinggo ini mendadak tenar karena serbuan foto di media sosial yang menggambarkan keindahan air terjun tertinggi kedua di Indonesia. Kamu juga tertarik untuk mengunjunginya? Well, jika starting point Kamu berasal dari salah satu kota di Jawa Timur, maka arahkan kendaraan Kamu ke Kabupaten Probolinggo.

Memasuki kota Probolinggo, Kamu masih harus memacu kendaraan menuju daerah Lumbang, Probolinggo. Setelah melewati serangkaian jalan yang berkelok namun menawarkan perkampungan yang indah, maka Kamu telah sampai di pintu masuk Air Terjun Madakaripura.

Tiket Masuk yang Tak Bikin Kantong Bolong

Untuk masuk ke air terjun ini, setiap pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang. Setelah membayar tiket masuk, Kamu pasti akan langsung disambut oleh para penjaja jas hujan atau kantong plastik jika Kamu tidak ingin baju atau barang bawaan menjadi basah. Namun jika Kamu ingin merasakan secara langsung segarnya air terjun ini, maka Kamu bisa menolaknya.

Stamina yang kuat sangat dibutuhkan jika Kamu ingin menuju air terjun utama Madakaripura. Sebab Kamu harus berjalan sejauh sekitar 1,3 km melewati jalan setapak. Namun rasa lelah ini pasti akan terbayar jika Kamu sudah melihat betapa indahnya air terjun Madakaripura.

Titik Air Terjun yang Memukau

Air Terjun Madakaripura - Air Terjun Madakaripura via travelingyuk.com

Di titik air terjun pertama, Kamu pasti akan disambut dengan ‘hujan abadi’ dari curahan air yang terjun di sepanjang bukit. Kemudian jika Kamu ingin menuju air terjun utamanya, Kamu pun harus naik merayapi tebing yang cukup curam dan licin.

Jika Kamu kesulitan, Kamu bisa meminta bantuan para porter yang siap membimbing Kamu atau membawakan barang-barang Kamu. Tentu saja Kamu akan dikenakan tarif yang besarnya bervariasi mulai dar Rp 50.000.

Setelah sampai di air terjun utama, Kamu pasti akan tergoda dengan ‘kolam’ alami di sana. Jika Kamu ingin berenang, sebaiknya urungkan niat tersebut. Selain suhunya yang sangat dingin, kedalaman dari kolam mini air terjun Madakaripura ini berkisar antara 5 sampai 7 meter. Jika Kamu tidak memiliki keahlian berenang yang baik, maka hal ini bisa membahayakan keselamatan diri sendiri.